alat peraga phantom - alat peraga manikin - alat peraga kesehatan - alat peraga kebidanan - boneka phantom - manekin kedokteran - training simulator care - harga phantom - Phantom Persalinan - Phantom Dilatasi Serviks - Phantom lengan infus / tangan infus - Phantom Cateter - Phantom Tracheostomy - Phantom Bayi perawatan - Phantom Bayi CPR / RJP - Phantom Bayi Placenta - Phantom Bayi Infus - Phantom Bayi Injeksi - Phantom Body Anak - Phantom IUD - Phantom Implant - Phantom NGT - Phantom Plasenta Manual - Phantom Reproduksi Pria & Wanita - Phantom Breast Care - Phantom Ibu Hamil - Phantom Palpasi - Phantom CPR - Phantom episiotomi

kebidanan | alat peraga kebidanan

KEBIDANAN | ALAT PERAGA KEBIDANAN

KEBIDANAN

Kebidanan adalah satu bidang ilmu yang mempelajari keilmuan dan seni yang mempersiapkan kehamilan, menolong persalinan, nifas dan menyusui, masa interval dan pengaturan kesuburan, klimakterium dan menopause, bayi baru lahir dan balita, fungsi–fungsi reproduksi manusia serta memberikan bantuan/dukungan pada perempuan, keluarga dan komunitasnya

PELAYANAN KEBIDANAN

• Pelayanan kebidanan adalah bagian integral dari sistem pelayanan kesehatan yang diberikan oleh bidan yang telah terdaftar (teregister) yang dapat dilakukan secara mandiri, kolaborasi atau rujukan. Pelayanan kebidanan merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan, yang diarahkan untuk mewujudkan kesehatan keluarga dalam rangka terciptanya keluarga yang berkualitas. Pelayanan kebidanan merupakan layanan yang diberikan oleh bidan sesuai kewenangan yang diberikan dengan maksud meningkatkan kesehatan ibu dan anak dalam rangka terciptanya keluarga yang berkwaliatas, bahagia dan sejahtera.

• Klasifikasi Pelayanan Kebidanan

a. Layanan Kebidanan Primer

Merupakan asuhan kebidanan yang diberikan kepada klien dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab bidan.

b.     Layanan Kebidanan Kolaborasi

Merupakan asuhan kebidanan yang diberikan kepada klien dengan tanggung jawab bersama semua pemberi pelayanan yang terlibat (mis : bidan, dokter atau tenaga kesehatan yang professional lainnya). Bidan menuoakan anggota tim.

c.     Layanan Kebidanan Rujukan

Merupakan asuhan kebidanan yang dilakukan dengan menyerahkan tanggung jawab kepada dokter, ahli dan / atau tenaga kesehatan professional lainnya untuk mengatasi masalah kesehatan klien di luar kewenangan bidan dalam rangka menjamin kesejahteraan ibu dan anaknya.

Contoh: Pelayanan yang dilakukan bidan ketika menerima rujukan dari dukun, layanan rujukan bidan ke tempat fasilitas pelayanan kesehatan secara horizontal atau vertical atau ke profesi kesehatan yang lain.

PRAKTEK KEBIDANAN

Penerapan ilmu kebidanan dalam pemberian pelayanan atau asuhan kebidanan dengan klien menggunakan pendekatan manajemen kebidanan.

Manajemen Kebidanan adalah pendekatan yang digunakan oleh bidan dalam menerapkan metode pemecahan masalah secara sistematis

Lingkup praktik kebidanan meliputi asuhan mandiri / otonomi pada perempuan, remaja putri, dan wanita dewasa sebelum, selama kehamilan dan sesudahnya.

Praktik kebidanan dilakukan dalam system pelayanaan kesehatan yang berorientasi pada masyarakat, dokter, perawat, dan dokter spesialis di pusat-pusat rujukan.

MANAJEMEN ASUHAN KEBIDANAN

Manajemen Asuhan Kebidanan adalah pendekatan dan kerangka pikir yang digunakan oleh bidan dalam menerapkan metode pemecahan masalah secara sistematis mulai dari pengumpulan data, analisis data, diagnosa kebidanan, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.

Manajemen asuhan kebidanan| Kebidanan adalah ilmu dan seni yang mempersiapkan kehamilan, persalinan, nifas, reproduksi dan bayi baru lahir sampai menopouse. karena begitu luasnya jangkauan pelayanan yang harus diberikan oleh seorang bidan kepada masyarakat maka diperlukan suatu tatanan yang tepat atau sering disebut sebagai manajemen,

Manajemen asuhan kebidanan sendiri dapat diartikan sebagai pendekatan dan kerangka pikir yang digunakan oleh seorang bidan untuk menerapkan metode pemecahan masalah secara sistematis. Sedangkan asuhan kebidanan sendiri dapat diartikan sebagai pengambilan keputusan oleh bidan berdasarkan keilmuan dan ruang lingkup nya. Manajemen asuhan kebidanan yang biasa dipakai didunia kebidanan adalah manajemen asuhan kebidanan varney, dikatakan manajemen asuhan kebidanan varney karena orang yang menemukan pendekatan ini pertama kali adalah seorang ilmuan bernama varney pada tahun 1997. Manajemen asuhan kebidanan varney bertujuan untuk memecahkan masalah yang berfokus kepada klien/pasien.

Manajemen asuhan kebidanan varney terdiri dari VII langkah yakni :

1. Langkah I : Pengumpulan data dasar

Pada langkah pertama ini bertujuan untuk mengumpulkan semua data yang diperlukan dari berbagai sumber yang dapat menunjang kondisi pasien saat ini. Data yang dapat dikumpulkan yakni terdiri dari data subjektif dan data objektif. Data subjektif adalah data yang bersumber dari keterangan atau informasi yang didapat dari pasien, sedangkan data objektif adalah data yang didapat dari hasil pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh bidan dan juga dari hasil pemeriksaan penunjang seperti laboratorium.

2. langkah II : Interpretasi data dasar

Bidan menetapkan sebuah diagnosa secara akurat dan tepat berdasarkan hasil interpretasi data-data yang didapatkan pada langkah pertama.

3. Langkah III : Mengidentifikasi diagnosa dan masalah potensial

Pada langkah III ini yang harus dilakukan oleh seorang bidan adalah mengidentifikasi adanya diagnosa atau masalah potensial lainnya selain diagnosa utama yang ditetapkan pada langkah ke II. setelah masalah potensial lainnya maka harus ditetapkan antisipasi yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah potensial tersebut.

4. Langkah IV : Mengidentifikasi dan menetapkan kebutuhan segera

Mengidentifikasi perlunya tindakan segera dari seorang bidan atau dokter yang dapat dilakukan secara bersama maupun dilakukan dengan cara berkonsultasi. Pada langkah ke Iv ini dapat dilihat bahwa seorang bidan tidak hanya dapat pemberikan pelayanan secara primer periodik saja tetapi juga dapat dilakukan pelayanan secara kolaborasi.

5. Langkah V : Merencanakan asuhan kebidanan

Pada langkah ini bidan menyusun langkah atau rencana yang harus diberikan kepada pasien berdasarkan langkah-langkah yang sudah dilakukan sebelumnya. Semua keputusan yang dikembangkan dalam asuhan ini harus valid dan rasional berdasarkan ilmu yang terbaru.

6. langkah VI : Implementasi atau pelaksanaan

Asuhan menyuluruh seperti yang sudah direncanakan pada langkah ke V harus benar-benar diimplementasikan atau dilaksanakan secara aman dan efesien berdasarkan kondisi dan keadaan yang sedang dialami oleh pasien.

7. Langkah VII : Evaluasi

Pada langkah terakhir ini, langkah yang harus dilakukan oleh seorang bidan adalah mengevaluasi keseluruhan pelaksanaan asuhan kebidanan yang telah diberikan kepada pasien. rencana asuhan kebidanan dikatakan efektif jika memang benar-benar efektif dilaksanakan dan sesuai dengan kebutuhan pasien pada saat itu.

ASUHAN KEBIDANAN

Asuhan kebidanan adalah proses pengambilan keputusan dan tindakan yang dilakukan oleh bidan sesuai dengan wewenang dan ruang lingkup praktiknya berdasarkan ilmu dan kiat-kiat kebidanan

ALAT PERAGA KEBIDANAN

Boneka phantom / alat peraga phantom adalah alat peraga untuk pengetahuan tentang skill maupun teori yang berkaitan dengan hal-hal fisiologi serta patologi dalam kebidanan, digunakan oleh tenaga pendidik sekolah kebidanan atau kedokteran bahkan keperawatan dalam menangani pasien. Sedangkan alat peraga merupakan media pembelajaran yang mengandung atau membawakan ciri-ciri dari konsep yang dipelajari, itulah manfaat pengunaan alat peraga kebidanan memudah tenaga pendidik dalam memberikan tiap-tiap materi khususnya praktek menangani pasien,

Produsen alat peraga kebidanan khususnya boneka phantom – alat peraga phantom – manikin kebidanan, home industri bermarkas di pasuruan jawa timur yang mana telah banyak sekali menjadi mitra dalam pengadaan alat peraga kebidanan atau alat peraga medis lain nya, home industri alat peraga phantom ini selain pengerajin nya yang ahli, material nya pun menggunakan material yang sangat bagus dan berkwalitas, harganya juga yang murah tapi tidak murahan membuat banyak sekali tenaga pendidikan kebidanan – keperawatan – kedokteran  memesan ke pada kami hingga ke negara tetangga, suatu kebanggan pengerajin alat peraga kebidanan kami dapat di akuai negara tetangga.

kebidanan | alat peraga kebidanan
kebidanan | alat peraga kebidanan

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s